Movie Review : Terminator Salvation

Film seri Terminator yang keempat ini bercerita tentang John Connor yang kini telah dewasa dan, sama seperti film-film sebelumnya, lagi-lagi ia harus berhadapan dengan terminator yang dikirim untuk membunuh, dan sasarannya kali ini adalah seorang pemuda bernama Kyle Reese, yang nantinya akan menjadi ayah dari John Connor. Tujuannya, supaya di masa depan tak ada John Connor, pemimpin kaum pemberontak terminator.

John Connor (Christian Bale) bersama pasukannya sedang menjalani tugasnya menyusup ke markas Skynet, organisasi terminator. Mereka ingin membebaskan para tahanan manusia yang dijadikan percobaan oleh terminator. Tak sengaja, John melihat data Skynet bahwa mereka ingin menciptakan terminator terkuat yang pernah ada. Saat kembali ke markasnya, ia mendapat kabar bahwa para terminator sedang memburu seorang manusia bernama Kyle Reese (Anton Yelchin), yang kemudian diketahui bahwa ia adalah ayah John di masa depan dan John telah menduga alasan terminator memburu Kyle.

Di tempat lain, sesosok manusia muncul dari reruntuhan markas Skynet (belakangan diketahui bernama Marcus Wright (Sam Worthington)). Ia berjalan menuju kota yang tampaknya tak berpenghuni. Ternyata pasukan terminator telah meluluhlantakkan kota tersebut. Kedatangannya diketahui oleh terminator. Ia kemudian diselamatkan oleh Kyle Reese. Marcus yang sama sekali tak menyadari keadaan di bumi ternyata adalah setengah robot setengah manusia, yang baru bangkit setelah dulu sempat meninggal dan diganti tubuhnya dengan bagian robot. Hal ini yang membuat John sempat tidak menerima Marcus karena kebenciannya pada robot. Tetapi saat Marcus berjanji akan membantu John menyelamatkan Kyle yang tengah diculik, John membebaskan Marcus.Marcus berhasil masuk ke markas Skynet. Setelah memberi tahu John tempat sel Ryan ditahan, Marcus ingin mematikan sistem komputer Skynet. Saat itulah ia diberi tahu oleh sistem Skynet bahwa ia sebenarnya dikirim untuk membunuh John. Tapi Marcus tak terpengaruh dengan hal itu dan kemudian membantu John menyelamatkan Kyle dan membunuh (tepatnya mematikan) terminator T-800 (dalam wujud Arnold Schwazenegger), cikal bakal terminator yang nantinya akan dikirim ke masa lalu, serta menghancurkan markas Skynet.

Pembahasan...film yang telah lamaaaaaaaa sekaliiiiiii tayang ini (maap telat banget resensinya) sengaja saya ulas singkat dan (mungkin terlalu) padat. Letak kehebohan film ini memang di special effectnya yang agak-agak mirip transformers. Selain itu robot-robot yang muncul juga tak hanya dalam rupa Arnold sang terminator, tapi juga ada robot pesawat dan motorobot (robot raksasa yang kakinya bisa jadi motor beroda 1). Sosok Arnold sendiri yang sudah sangat melekat sebagai terminator hanya muncul beberapa detik (dan kemunculan pertamanya pasti tanpa busana) sebelum meleleh menjadi kerangka robot. Mungkin tak banyak yang menyadari bahwa sebenarnya sosok Arnold tersebut dimainkan oleh Roland Kinkinger, yang juga bermain sebagai Arnold dalam film 'See Arnold Run'.

2 komentar:

  1. hmm...filmnya cukup membosankan. hanya penuh dengan ledak-ledakan. Tidak berbeda jauh dengan Transformers 2. Sayang sekali.

    Salam kenal :D

    BalasHapus
  2. halo..wah masih ada yg mengomentari film basi ini..haha..iya jalan ceritanya memang agak membosankan..mungkin karena terlalu mementingkan special effectnya ya..

    BalasHapus

Comment? Sharing?