Movie Review : Star Trek

Awal mula kisah perjalanan Star Fleet menjelajahi alam semesta dimulai dalam film ini. Dibuka dengan pertarungan kapal USS Kelvin dengan kelompok Romulan yang dipimpin oleh Kapten Nero (Eric Bana). USS Kelvin kemudian diambil alih oleh George Kirk (Chris Hemsworth). Di saat bersamaan istri George akan melahirkan. Maka untuk menyelamatkan anaknya beserta seluruh awak pesawat lainnya yang sedang naik kapal penyelamat untuk melarikan diri, George rela tinggal di pesawat dan menabrakkan kapalnya ke pesawat Romulan. Anak yang lahir kemudian diberi nama Jim Kirk.

Jim Kirk yang masih bocah sering membuat masalah dan seenaknya. Begitu pula saat dewasa. Jim (Chris Pine) mendatangi sebuah bar dan menggoda Uhura (Zoe Saldana), seorang pelajar awak kapal antariksa. Jim lalu memutuskan untuk ikut serta menjadi pelajar untuk membuktikan bahwa dirinya mampu melebihi prestasi ayahnya. Dalam awak kapal itu turut bergabung Spock (Zachary Quinto). Spock di masa depan ternyata pernah menelantarkan sebuah planet yang akan hancur. Hal itu yang membuat Nero kemudian menaruh dendam pada Spock. Nero lalu menanam sebuah alat di planet asal Spock. Alat itu dapat membuat sebuah black hole yang akan menelan habis planet. Spock meneleport dirinya untuk menyelamatkan orang tua dan para tetua bangsanya. Malang, ibu Spock terjatuh dan hilang bersama planetnya. Saat Spock bersedih, Uhura-lah yang menghiburnya, sehingga kemudian mereka menjadi sepasang kekasih.

Jim lalu meminta Spock untuk tetap mengejar Nero, tapi Spock berkata mereka harus pulang dan mengumpulkan pasukan terlebih dahulu. Karena Jim tetap ngotot, Spock lalu melempar Jim ke sebuah planet asing. Di planet tersebut Jim sempat dikejar-kejar binatang buas (yang ga jelas bentuknya). Ia lalu diselpamatkan oleh seseorang. Tak disangka, orang tersebut adalah Spock masa depan yang juga didamparkan oleh Nero supaya Spock melihat planetnya hancur. Sama seperti Nero yang harus melihat planetnya hancur dan tak bisa berbuat apa-apa. Jim dan Spock masa depan lalu pergi ke markas Star Fleet yang terletak di planet itu.

Di sana mereka bertemu dengan Montgomery Scott (Simon Pegg). Dengan kemampuan Scott untuk melakukan teleport ke pesawat yang sedang warp, Jim dan Scott kembali ke kapal USS Enterprise. Di sana Jim memancing amarah Spock supaya Spock terbawa emosi dan menyerahkan kursi kapten pada Jim. Jim berhasil menjadi kapten. Ia lalu memerintahkan kapal untuk mengejar Nero dan menghancurkannya. Saat kapal Nero hampir hancur, muncul lubang hitam. Nero diberi kesempatan untuk menyerahkan diri oleh Kirk, tapi Nero menolaknya. Nero dan kapalnya lalu tersedot ke dalam lubang hitam sementara Kirk bersama USS Enterprise berhasil melarikan diri.

Pembahasan...buat penggemar serial star trek jadul, film ini pasti membangkitkan kenangan akan perjalanan para awak Star Fleet yang mencari kehidupan lain di luar bumi. Tentunya dengan spesial efek yang jauh lebih canggih dibanding serialnya dulu. Aktor Anton Yelchin yang bermain sebagai Pavel Chekov di film ini, adalah juga pemeran Kyle Reese di film Terminator Salvation. Mungkin anda takkan menyadari hal itu karena di Star Trek Yelchin berbicara dengan aksen Rusia yang sangat kental.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment? Sharing?