Bantulah Sang Pengembara

Disuatu hari yang cerah, terdapatlah seorang pengembara yg sedang tersesat dipersimpangan saat sedang menuju suatu daerah yg bernama "Surga". Berhubung dia tidak tahu menahu dengan daerah di sekitar sana dia akhirnya memutuskan untuk berhenti di kedai kopi di dekat persimpangan.

Berhubung sudah masuk kedai, akhirnya sang pengembara pun memesan secangkir kopi dan beberapa kudapan untuk mengganjal perutnya yg sudah mulai kosong. Sembari menunggu pesanannya datang dia menyempatkan diri untuk bertanya kepada sang pelayan untuk menunjukkan jalan menuju "Surga", tapi ternyata sang pelayan menjawab pertanyaan tersebut dengan senyuman dan malah menyuruh sang pengembara itu untuk menanyakan kepada dua orang pelanggan yg tengah asik berbincang satu sama lainnya.

Dengan sedikit memberanikan diri akhirnya sang pengembara pun menayakan kepada mereka kemana jalan menuju "Surga". Dan tak disangka ternyata salah seorang dari mereka adalah penduduk di "Surga" dan yang seorangnya lagi adalah penduduk dari "Neraka".

Pucuk tiba ulam pun tiba. Mungkin itu lah yg terlintas dalam pikiran sang pengembara. Akhirnya setelah mengembara sekian lama, tak lama lagi sampai juga di "Surga".
Namun belum sempat sang pengembara bertanya lebih lanjut, tiba-tiba salah seorang dari mereka berkata bahwa mereka akan menjawab pertanyaan dari sang pengembara, namun dia hanya boleh menanyakan satu buah pertanyaan yang sama kepada mereka. Dan mereka pun memberi sebuah petunjuk kepada sang pengembara bahwa kebiasaan penduduk "Surga" adalah menjawab pertanyaan dengan jujur, sebaliknya penduduk "Neraka" akan menjawab pertanyaan dengan tidak jujur alias berbohong.

Nah kira-kira bisakah kalian membantu sang pengembara untuk membuat pertanyaan yang tepat agar dia dapat melanjutkan perjalanannya ke tempat yang dia inginkan ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment? Sharing?