Syukur

kambing-hitamHidup ini tidak adil!! Dunia ini tidak adil!! Mungkin kata-kata itu pernah terdengar oleh kita, atau mungkin malah pernah terucap oleh kita. Mungkin ini akibat dari efek yg namanya si kambing hitam. Dimana-mana orang itu tidak mau disalahkan. Maunya benar sendiri. Jika salah yah tinggal cari aja si kambing hitam maka hati pun sedikit merasa tentram.

Seandainya yang namanya warna hitam itu ga ada mungkin ga ya pemikiran untuk mencari kambing hitam itu ga ada. Habis kasian bener si kambing hitam. Lagi enak-enak makan rumput dicari-cari mulu ama orang. Baru santai bentar dicari lagi. Lama-lama bisa bunuh diri dah tuh si kambing hitam. Hehehehe…

Namun jika gw renungkan kembali, gw merasa hidup dan dunia ini sudahlah adil. Kita sudah diberi kesempatan untuk hidup, sama-sama dilahirkan juga, dan juga sama-sama lahir tanpa pakaian. Dunia pun sudah memberikan hal yang sama kepada seitap orangnya, air, laut, bumi, udara, smua pun dapat merasakannya. Lalu kenapa hidup ini bisa menjadi tidak adil?

Apakah karena ada yang lahir di keluarga kaya, pejabat, artis, raja, timur, barat, utara, selatan? Gw rasa hal itu tidaklah pantas disebut sebagai alasan untuk menyatakan hidup ini tidak adil. Karena mungkin saja mereka yang lahir dikeluarga tersebut juga berpikiran hidup ini tidak adil saat melihat orang lain yang bagi mereka terlihat lebih berbahagia dibandingkan dengan mereka yang bertaburkan harta.

syukurKalau dilihat dari prinsip reinkarnasi, maka sebenarnya jika kita sekarang merasa hidup tidak adil itu hanyalah karena dikehidupan yang sebelumnya kita itu menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan. Oleh karena itu kehidupan yang sekarang boleh dibilang menjadi turun pangkat.

Yah tapi ujung-ujungnya semua itu kembali kepada diri sendiri apakah diri ini mampu bersyukur akan apa yang telah didapatkan. Dengan menjalankan ilmu syukur gw rasa segala pemikiran negatif pun akan makin terkurangi. Dan dengan rasa ini pula gw rasa tingkat empati ke pada yang lain pun akan makin meningkat.

Syukur mungkin kata-kata yang sangat mudah disebutkan namun didalam pelaksanaannya itu terkadang akan sangat terasa berat. Namun gw yakin jika itu benar-benar dapat dijalankan oleh sebagian besar orang, maka si kambing hitam pun akan dapat makan rumput dengan damai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment? Sharing?