E-Segmentation

Segmentation-CartoonbySimonEllinasKali ini gw mau share sedikit tentang materi kuliah gw yaitu e-business. Di salah satu materi yang diajarkan ada tentang marketing via internet.
Marketing via internet dijaman sekarang tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Apalagi dengan internet pasarnya pun makin luas. Kita beranggapan bahwa siapaun, dimanapun, dan kapanpun orang akan bisa melihat produk kita, asal terkoneksi dengan internet. Jadi dengan internet kemungkinan besar produk kita pun akan menjadi lebih laku untuk dipasarkan.

Eits…jangan salah…ternyata setelah dijelaskan oleh dosen gw, justru hal itu agak sedikit salah. Memang benar semua orang bisa melihat, tapi apakah benar-benar tepat sasaran? Kalo tidak tepat bisa saja justru internet malah tidak memberikan hasil apa-apa bagi kemajuan usaha kita.

Oleh karena itu, saran pertama didalam memasuki kancah peperangan di internet adalah menentukan segmen mana yang akan kita incar. Apakah segmen anak muda, profesional, kelas artis, ato yang lainnya? Berhubung ini berada di dunia elektronik maka gw sebut segmennya menjadi e-segmentation (electronic segmentation) saja agar sedikit kelihatan berbeda dengan segmentasi di dunia nyata.

Adapun beberapa keuntungan dalam melakukan segmentasi:

  • Lebih jelas. Segmentasi membuat kita bisa melihat secara lebih jelas pasar yang akan menjadi sasaran. Kita dapat semakin mengerti konsumen kita, dan apa menjadi motif konsumen tersebut membeli produk kita.
  • Lebih efektif. Setelah mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen, kita dapat menjalankan program-program pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan konsumen tersebut. Dengan demikian program pemasaran kita akan bisa berjalan dengan efektif.
  • Lebih efisien. Segmentasi membuat alokasi sumber daya kita menjadi efisien. Sebagai contoh, dalam berpromosi kita dapat menghindarkan terjadinya pemborosan karena promosi kita tidak tepat sasaran.
  • Lebih kompetitif. Melalui segmentasi kita dapat memposisikan merek kita ke dalam satu kelompok segmen tertentu dimana merek kita lebih memiliki kompetensi dibandingkan merek lain.

Aplikasi

Berikut gw berikan contoh web dimana E-Segmentasi tentang produk yang sama namun E-Segementasi yang dituju berbeda didalam dunia perinternetan.

Hugo Boss

Dilihat dari gambar diatas, maka disini gw dapat simpulkan beberapa hal yaitu:
  • Tampilan: terlihat lebih mature/elegan, dengan didominasi oleh warna gray/hitam
  • Web Marketing Strategies: Product based. Dimana web utama dari Hugo Boss menampilkan pilihan per kategori product yang ingin dilihat.
  • Segmentasi:
    • Geographic: Seluruh dunia. Namun dilihat dari bagian pemesanan, kurs yang dipakai disini adalah pounsterling (£) maka terget utamanya adalah bagian eropa.
    • Demographic: Target yang diincar adalah pria dan wanita eksekutif muda yang berumur dari 25 – 40 tahun.

anna sui

Dilihat dari gambar diatas, maka disini gw dapat simpulkan beberapa hal yaitu:
  • Tampilan: terlihat lebih girly, dan lebih stylist, dengan didominasi oleh warna violet, serta design dari gambar di webnya pun dibuat cartoonis dengan tujuan agar lebih cute. Web-nya juga interaktif.
  • Web Marketing Strategies: Product based. Dimana web utama dari Hugo Boss menampilkan pilihan per kategori product yang ingin dilihat.
  • Segmentasi:
    • Geographic: Seluruh dunia. Namun dilihat dari beberapa pilihan bahasa yang ada di web tsb, bs disimpulkan lebih fokus ke daerah asia timur.
    • Demographic: Target yang diincar adalah fokus kepada wanita muda berumur dari 17 – 35 tahun.

Persamaan & Perbedaan

Dari kedua web tersebut sebenarnya terdapat beberapa kesamaan yang dimilikinya, yaitu berupa:
  • Product sama-sama parfume.
  • Penempatan button social media diujung kanan.
  • Menyediakan cara pembelian, secara online
  • Product based
Namun selain ada beberapa kesamaan yang dimiliki ada juga beberapa perbedaan yang dapat kita lihat disini yaitu berupa:
  • Target/segmentasi pasar yang berbeda, dimana Hugo Boss lebih ke pasar pria dan ada juga bagian wanitanya, sedangkan Anna Sui hanya ke pasar wanita.
  • Kelas sosial yang dituju disini juga sudah berbeda dimana Hugo Boss untuk kelas eksekutif muda, sedangkan Anna Sui lebih ke wanita muda yang stylist.

Kesimpulan

Web memang mampu menjaring semua kalangan pasar, namun bukan berarti pembuatan web tanpa tujuan. Jadi pemilihan segmentasi pasar didalam dunia maya (e-segmentasi) merupakan langkah awal yang harus dilalui sebelum membuat sebuah web/tools untuk berperang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment? Sharing?