Ganti Theme di blogger.com

Blogger_LogoBerhubung saat gw ganti theme dan ternyata ada beberapa teman gw jg yang nanya bagaimana caranya, dan dimana bisa dapat theme yang yah..boleh dibilang bagus. So sekalian aja gw share di blog ini tentang hal tersebut.

Tentunya yang pertama jika ingin untuk ganti theme maka carilah referensi-referensi di internet dimana ada banyak orang yang mau share karya dari theme yang mereka buat secara gratis. Trus dimana kira-kira gw dapat ini template? Sebenernya sih waktu itu gw ga sengaja jg nemuinnya pas lagi cari-cari info tentang sesuatu hal. Nah berhubung ternyata theme yang di share menurut gw bagus, so gw ganti deh.
imagesWaktu itu gw dapatnya di http://templates.bloggertricks.com. Nah disitu banyak juga template theme yang bagus (skali lagi menurut gw) yg dia share. So silahkan deh kalian pilih dulu disana. Biar lebih afdol tinggal klik preview nya aja dulu jadi langsung ketauan hasilnya nanti kalo dipake seperti apa. Nah setelah tau apa yang mau dipilih, selanjutnya tinggal klik download template theme tersebut.

Berikutnya, kalian login ke dashboard blogger. Bisa di akses di blogger.com atau ga di draft.blogger.com. Gw sendiri lebih prefer ke pilihan kedua, karena tampilannya lebih simple. Biar seragam dan lebih gampang ngejelasinnya maka login nya ke draft.blogger.com aja. Kalo udh login tinggal klik nama blog yg mau diedit themenya. Lalu klik template. Trusss… scrol kebawah..trus aja scrol ampe mentok..hehehe.. kalo udah selanjutnya klik tulisan “Backup / Restore Template”.

Langkah berikutnya adalah klik download full template. Lho kenapa? kan gw mau ganti theme masa gw download? mestinya upload dong? Yup!! Anda benar. Tapi hal tersebut gw tetep sarankan lakukan untuk membackup template yang sedang anda pakai saat ini. Kenapa? karena jika saat kalian ingin mengganti lagi ke template yang lama, atau karena ternyata template yg baru tidaklah sesuai dengan harapan, ataupun karena alasan lainnya, maka udh ga ush perlu pusing-pusing lagi, ngatur-ngatur serta cari-cari lagi itu theme yang lama. Tinggal kalian restore aja lagi.

blogging-themes2-150x150Cara restore template yang lama dan mengganti menjadi template yang baru itu caranya sama. Makanya skalian aja gw jelasinnya jadi satu aja. Pertama klik tombol Pilih berkas / choose file kalo yang pake bahasa inggris. Trus pilih deh file yang mau diupload. Inget ya template theme yang diupload disini itu extension nya / tipe filenya adalah “.xml”. Langkah berikutnya setelah memilih file yang akan diupload yaitu tinggal klik tombol upload.

Selesai deh cara ganti theme nya. Untuk hasilnya kalian bisa langsung liat/akses alamat blog kalian. Kalo ternyata ga sesuai dan ingin balik ke theme lama so gampang aja. Tinggal lakukan lagi langkah yang sama terus pilih deh file backup yang udah dibuat. Trus upload. Done.

Gampang kan sodara-sodari? Hehehehe… Kalo gitu selamat mencoba dan mencoba ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment? Sharing?