Awas 2 Minggu Fit bisa Menjadi Fat

fatkidDidalam 2 minggu (14 hari) tubuh kita ternyata yang tadinya fit (ramping) bisa langsung menjadi fat (berlemak). Karena mesk berat badan sehat dan kondisi tubuh bugar, namun bila aktivitas berkurang maka dalam 2 minggu sistem metabolisme dan kebugaran tubuh akan berubah.
Hasil studi baru yang telah dipublikasikan dalam Journal of Applied Physiology menunjukkan bahwa hanya butuh 2 minggu pengurangan aktivitas untuk melihat perubahan yang signifikan pada metabolisme dan kebugaran.
Salah satu hasil studi menyebutkan bila seseorang terbiasa hidup sehat dengan berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari, kemudian menguranginya menjadi 1.500 langkah per hari, maka akan terjadi peningkatan 7 persen pada lemak perut setelah 14 hari, meski ia tetap mempertahankan pola makan yang normal.
Pengurangan aktivitas jalan kaki juga akan mengakibatkan penurunan kapasitas VO2max (kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen) sebesar 7 persen, berkurangnya kekuatan otot dan memperburuk sensitivitas insulin.
Selain itu, hanya butuh 3 hari pengurangan aktivitas untuk melihat peningkatan kadar glukosa darah pasca makan, yang dari waktu ke waktu akan meningkatkan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
Studi tersebut difokuskan secara khusus pada kegiatan non olahraga, seperti berjalan mengelilingi komplek, berjalan menuju halte bus atau hanya untuk berjalan menuju meja rekan kerja.
"Ada bukti epidemiologis yang menunjukkan bahkan pada orang yang rutin berolahraga, terlalu lama duduk dapat dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit," jelas John P. Thyfault, PhD, asisten profesor di University of Missouri, seperti dilansir Menshealth, Senin (15/8/2011).
Thyfault menyarankan bangunlah dari tempat duduk setiap 15 sampai 20 menit dan bergerak di sekitar. Jika otot rangka menjadi benar-benar tidak aktif untuk jangka waktu yang lama, maka tubuh akan memulai perubahan biokimia yang menyebabkan resistensi insulin dan glukosa darah.
So marilah kita laksanakan hidup sehat, setidaknya rajin-rajinlah berjalan.
Berita ini gw kutip dari detikhealth.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment? Sharing?