Belajar Bahasa Bali : Angka

1.2.3.Sudah lama banget gw ga update tentang materi belajar bahasa bali , berhubung gw sendiri bener-bener bingung mesti berbaginya dimulai dari yang mana. Yah maklumlah karena ini cuma berdasarkan berbagi dari pengetahuan gw sendiri yang tidak terlalu terstruktru rapi seperti halnya menggunakan kurikulum tersendiri. Hehehehe….

Nah untuk kali ini topik yang gw angkat adalah tentang pengetahuan penyebutan angka-angka dengan menggunakan bahasa bali. Mari kita mulai dari yang paling standar yaitu 1 sampai 10 :
Indonesia
Bali
1 Besik / Siki
2 Dua / Kalih
3 Telu / Tiga
4 Papat
5 Lima
6 Enem
7 Pitu
8 Kutus
9 Sia
10 Dasa
Catatan : disini jika akhiran dari suatu kata didalam tulisan itu adalah huruf ‘a’ maka akan dilafalkan sebagai ‘e’ seperti didalam pelafalan ‘kertas’. Sedangkan jika diakhir itu ‘e’ akan dilafalkan seperti kata ‘bule’. Untuk membedakan pelafalan ‘e’ seperti pada ‘kertas’ dan ‘bule’ maka jika seperti ‘kertas’ maka akan saya cetak tebal.

Untuk sementara sekian sharing info tentang bahasa bali yang gw miliki. Mudah-mudahan ini dapat menambah wawasan bagi pembaca.

2 komentar:

Comment? Sharing?