ADSL VS 3G

Tahukah kamu apa perbedaan dari 3G dan ADSL? Sebernya apa sih kedua mahluk tersebut? dan juga apa sih kelebihan dan keuntungan dari masing-masing tipe tersebut? Untuk lebih jelasnya mari kita bahas bersama secara singkat.

ADSL dan 3G secara singkat dapat gw bilang adalah cara/lewat/jaringan apa kita dapat untuk terhubung dengan internet. Cara koneksi ke internet sendiri sebenarnya ada beberapa macam, nah disini berhubung gw ini saat ini cuma pernah memakai ADSL dan 3G maka gw akan lebih fokus membahas kedua mahluk ini.
adslSignalPhonePCADSL sendiri adalah kepanjangan dari Asymmetric Digital Subscriber Line dimana ini adalah salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khas ADSL adalah sifatnya yang asimetrik, yaitu bahwa data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. DSL sendiri merupakan teknologi akses Internet yang menggunakan kabel tembaga, sering disebut juga sebagai teknologi suntikan atau injection technology yang membantu kabel telepon biasa dalam menghantarkan data dalam jumlah besar.

Tapi di Indonesia sendiri kira-kira ada ga sih yang memakai teknologi ini? Di Indonesia sendiri teknologi ini boleh dibilang sudah dikenal banyak orang, dan ISP atau penyedia jasa internet di Indonesia yang menggunakan teknologi ini adalah Telkom Speedy.
3G_enterprise_videoconferencing_solution
Selanjutnya 3G itu apa sih? 3G merupakan generasi ketiga dari perkembangan teknologi telekomunikasi nirkabel. Aplikasi dari teknologi itu adalah video calls, mobile tv, mobile internet acces, dll.

Nah sekarang masuk ke topik utamanya nih, kira-kira apa sih kelebihan dan kekurang dari masing-masing teknologi tersebut? Disini gw coba tuliskan di table seperti di bawah. Kelebihan dan kekurangan dari teknologi tersebut adalah apa yg menurut gw terjadi di Indonesia.

Kelebihan
ADSL 3G
Secara umum kecepatannya lebih baik Dapat digunakan secara mobile
Lebih stabil Lebih mudah didapat/digunakan hanya cukup dengan modal modem dan sim card

Kekurangan
ADSL 3G
Tidak dapat digunakan secara mobile Kecepatan secara umum lebih lambat dari ADSL
Tergantung pada jaringan telepon yang tersedia Kurang stabil apalagi jika jaringan sedang crowded atau hujan

Itulah pendapat dari gw tentang ADSL dan 3G. Untuk saat ini sendiri gw menggunakan 3G karena gw termasuk orang yg memiliki mobilitas yang lebih tinggi diluar daripada dirumah. Masalah kecepatan yang penting lancar untuk browsing saja bagi gw udh cukup. Hehehe… Mudah-mudahan pengetahuan kalian jadi sedikit bertambah setelah membaca post ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment? Sharing?