Apakah orang ini menyembunyikan sesuatu ?


Ketika anda diam-diam curiga bahwa seseorang mungkin mempunyai rencana licik, maka Anda dihadapkan pada tiga pilihan yang sama suramnya :
  1. Menghadapi orang itu
  2. Mengabaikan apa yang terjadi
  3. Atau berusaha mengumpulkan lebih banyak informasi

Jika Anda menghadapi orang itu, dia bukan hanya akan menyangkal, tapi jika tuduhan Anda salah, kemungkinan besar Anda akan dianggap paranoid atau iri, dan hubungan kalian akan rusak.
Mengabaikan apa yang terjadi akan menyulitkan bahkan bisa merugikan anda.
Yang terakhir, berusaha sendiri mengumpulkan lebih banyak fakta akan menghabiskan banyak waktu dan bisa menghancurkan reputasi Anda jika ketahuan mematai-matai.

Lalu adakah metoda yang dapat mencari tahu apa sebenarnya rencana atau isi pikiran mereka?
Jawabannya ada. Tapi tetap harus diingat bahwa metoda yang ada tidaklah dapat membaca semua orang dengan 100%. Namun, disini Anda akan memperoleh keunggulan statistik yang pasti dalam setiap perjumpaannya.
Ada beberapa metoda yang dapat digunakan untuk dapat mengetahui apa pemikiran atau rencana mereka. Salah satunya adalah dengan metoda "Bagaimana Cara Anda Melakukannya ?"

Metoda ini berdasarkan pada asumsi bahwa orang yang bersalah akan melakukan apa saja untuk menampilkan kesan bahwa dia tidak bersalah. Dengan bertanya langsung bagaimana cara si tersangka melakukan hal yang Anda tudukkan kepadanya, maka Anda akan memperoleh pemahaman tentang jalan pikirannya. Asumsi psikologisnya adalah ketika hanya ada satu cara yang mask akal untuk melakukan sesuatu dalam situasi tertentu dan orang ini menjelaskan yang tidak lazim, maka hal itu layak dipertanyakan lebih jauh.

ILUSTRASI
Seorang pemilik perusahaan, misal A, yakin pegawai pembukuannya, misal B, telah mengambil uang dari rekening kas kecil. Oleh karena itu, pada suatu kesempatan yang santai dan akrab, A berkata, "Kalau kamu berniat mencuri, bagaimana cara yang kau pilih untuk melakukannya?" Jika B menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang berbeli-belit seperti, "Kalau saya sih, mungkin saya akan membuat pembukuan yang terpisah dan kemudian menggunakan tinta tak terlihat,..." maka bisa jadi dia menyembunyikan sesuatu.
Mengapa ? Jawaban yang tepat adalah melakukannya dengan cara mudah,yaitu mengambil uang dari kas kecil. Akan tetapi, karena B tidak ingin pimpinannya mengetahui bahwa dia sudah mengakali kas kecil itu, dia memberikan jawaban cara mencuri yang rumit.

Referensi dari buku "Mengungkap Pikiran Siapa Pun dan Mengarahkannya Sesuai Yang Anda Inginkan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment? Sharing?