Burn-in Earphone/Headphone

Rada bingung sbenernya mau nulis apaan jadi gw nulis sedikit hal yang baru gw tau saat beli earphone. Suatu ketika gw lagi pengen bener untuk beli earphone berhubung earphone gw yg lama bawaan dari ipod gw sudah ada di antah berantah alias ilang TT, jadi mulailah gw browsing-browsing dan tanya sana-sini. Singkat cerita akhirnya gw belilah earphone dbe PR20 Rev II.

Nah pas gw coba di tokonya ternyata kok sample earphone dan yg gw baru beli itu suaranya beda ya. Trus abang yg jualan bilang agar suaranya bisa ke titik optimalnya harus di pakai dulu selama minimal 50 jam. Dan awalnya seperti biasa gw sih ga gt percaya jadi gw iya iyain aja. Dan berhubung gw udah bayar ya sudahlah ga masalah gw pikir.

Trus ampe rumah mulailah gw cari informasi tentang hal tersebut, dan ternyata benar lho, banyak yg bilang ternyata agar suara earphone-nya itu dapat mencapai suara yang optimal harus dibakar (burn-in) dulu selama minimum 100 jam. "Wogh ilmu baru nih" pikir gw saat baca tu tulisan. Berarti tu abang yg jualan ngasi infonya bener jg setidaknya ada benernya lah walopun dia cm bilang 50 jam.

Tapi sebenernya ngebakar earphone alias burn-in itu apaan sih? 

Burn in itu sedari yg gw baca-baca sih adalah istilah yang digunakan untuk dapat membuat diapragma earphone lebih kendur sehingga dapat mencapai kondisi idealnya. Ibarat kata kaya baru beli motor aja mesti di geber-geber dulu.


Trus gmana caranya?
Kalo gw sendiri sih caranya cuma gw pakein aja untuk muter seluruh musik yg gw punya selama yah kira-kira 100 jam lah. Tapi ada jg yang bilang mesti pake suara yang bass nya nendang dan lain-lain. Jadi intinya ga ada cara pasti jg sih baiknya seperti apa, apalagi kuping gw jg ga sensitif-sensitif amat dengan perubahan suara yang begitu kecil. Jadi yah silahkan dicoba sendiri aja metode yang dipakai mau yang mana. Oh iya dan satu lagi volume awal saat ngebakar jangan kenceng-kenceng dulu yah maks 50% lah kira-kira, atau ga selevel dengan volume yang enak di denger di kuping masing-masing aja. Kenapa begitu? itu karena kalo kelewat kenceng justru malah bikin diapragmanya rusak dan alhasil malah bikin suaranya jadi "kresek-kresek".

Begitulah kira-kira informasi yang gw dapatkan saat membeli earphone. Mudah-mudahan memberi masukan juga kepada newbie yang baru beli earphone. Kalo yang master dengan earphone mohon masukannya. 

6 komentar:

  1. mau burn in supaya hasilnya bagus?? tuh suruh bos au*******us :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. gitu ya.. orangnya ga bs dipanggil sih baca ini..

      Hapus
  2. mas" tadi kan saya baru beli headphone..
    tapi begitu dicoba dirumah pakai PC kok suaranya aneh ya..?
    apakah karna harus setting audio nya dulu ? atau memang seperti ini?harus di burn-in dulu ? tolong pencerahannya ya masgan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama terima kasih mas udh baca blog saya..
      Hmm utk pertanyaan mas kira2 suara anehnya itu seperti apa ya?
      Kalo sy tanya2 dgn yg lebih ahli dr sy sendiri jg katanya kalo di PC itu emang kualitas suaranya jg dipengaruhi dari sound cardnya
      Kalo suaranya kresek2 ada beberapa kemungkinan:
      1.file mp3 ato musik nya sendiri yg kualitasnya kresek2
      2.bisa jadi jack nya ga kenceng plug in nya. ato ga jacknya udh ga bagus, ato ga jack yg di pc nya yg udh ga bagus (longgar, dll)
      3.kalo bukan karena itu bs jadi jg karena memang earphone/headphone nya yg rusak, tp biasanya kasus ini kalo baru beli rada jarang sih

      saran sy sih coba di laptop/pc lain ato ga di player portable kek ipod,sansa,dll

      mudah2an membantu

      Hapus
  3. Balasan
    1. Yah begitulah mbak...
      Tp kalo di tinggal tidur ga berasa kok :)

      Hapus

Comment? Sharing?