Yuk Belajar Bahasa Baru!

Orang 1: Yuk les bahasa asing?
Orang 2: Ah ribet lah..lagian ngapain sih belajar bahasa asing selain english lagi? udah bikin ribet, ngeluarin biaya lebih, ngabisin waktu, dan jg ga kepake lagi.
hello_22_languagesMungkin itu adalah salah satu dari jawaban yang bisa kita denger saat kita ajak orang untuk belajar bahasa asing, yang tentunya bukan bahasa english. Tapi tunggu dulu ternyata eh ternyata, belajar bahasa baru itu bagus lho buat otak kita. Apalagi menurut penelitian, belajar bahasa asing justru bagus untuk otak karena jadi lebih terbiasa untuk melihat sesuatu dari sisi yang berbeda. Wah jadi langsung keinget dengan salah satu dosen S2 gw, Mr. Mark Phillips. Dia selalu bilang cara terbaik untuk meningkatkan kinerja otak kita dan membuatnya tetap terasah adalah dengan belajar bahasa asing setiap tahunnya. Dan gw rasa itu ada benarnya juga.

Apalagi ada pepatah dari ceko yang berkata:
Kolik jazyků znáš, tolikrát jsi člověkem.
You live a new life for every new language you speak.
If you know only one language, you live only once.
Kamu menjalani hidup yang baru untuk setiap bahasa baru yang kau ucapkan, jika kau hanya tahu satu bahasa, maka kau hanya hidup satu kali.
Wuih dalam juga ya artinya. Hehehehe…
Tapi untuk belajar bahasa baru itu memanglah membutuhkan waktu dan dedikasi, lalu kalau begitu sebenernya alasan apa sih yang biasanya membuat orang mau untuk belajar bahasa asing?
Menurut gw sendiri nih, orang mau belajar bahasa asing karena:
Pindah tempat
Saat orang pindah tempat, baik pindah daerah ataupun pindah negara, maka mau tak mau biasanya orang akan belajar bahasa lokal yang ada, untuk mempermudah didalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan komunitas yang ada.

Keluarga dan Teman
Dengan adanya globalisasi, maka mungkin saja teman ataupun keluarga anda yang tinggal dan tumbuh dewasa di tempat lain, sehingga dia memiliki bahasa yang berbeda. Dengan belajar bahasa baru maka akan mempermudah untuk berkomunikasi dengan mereka. Dan itu juga akan membuat kita untuk dapat lebih memahami tentang budaya mereka dan juga cara berpikir mereka.

Pekerjaan
Jika pekerjaan kita sudah berhubungan dengan orang-orang dari negara lain, maka mau tidak mau kita pun harus dapat berbahasa mereka untuk dapat lebih berinteraksi dan juga dapat lebih gampang bernegosiasi didalam bisnis.
If you talk to a man in a language he understands, that goes to his head.
If you talk to him in his language, that goes to his heart.

(Nelson Mandela)
Strategies_to_learn_a_foreign_languageSekolah ke luar negeri
Kalo ini karena juga merupakan salah satu syarat minimum untuk dapat belajar di luar negeri. Kalo memang kita mau belajar ke luar negeri tapi tidak bisa menggunakan bahasa mereka lalu bagaimana kita bisa belajar. Hehehehe…
Language is the archives of history.
(Ralph Waldo Emerson)
Komuniasi rahasia
Nah yang ini nih yang mantap. Jadi bahasa rahasia untuk dapat berkomunikasi dengan kumpulannya sendiri. Apalagi jika kita lagi perang, wah kacau bener kalo pas kirim pesen tapi ketauan oleh lawan. Bisa-bisa udah kalah perang duluan. Hehehe.. Jadi keinget lagi ama dosen gw itu, dia bisa bahasa Klingon. Emang mantap lah tuh dosen.

Budaya
Mungkin juga salah satu alasan untuk belajar bahasa adalah karena kita suka akan suatu budaya tertentu. Nah fenomena yang ini kan udh jelas tuh keliatan kalo dijaman sekarang, misalnya orang suka ama jepang jadi mau belajar bahasa jepang. Trus lagi gandrung dengan korea, pada berbondong-bondong jg belajar bahasa korea.
Die Grenzen meiner Sprache bedeuten die Grenzen meiner Welt.
The limits of my language are the limits of my universe.
(Ludwig Wittgenstein)
Dan banyak lagi alasan lainnya yang susah gw sebutin satu-satu. Hehehe… Tapi ada beberapa alasan yang menurut gw agak lucu dan jg bagus yang gw ketemuin kenapa orang itu mau belajar bahasa asing.
  • To keep your mind healthy
  • To find your future husband/wife
  • To talk to friends without others understanding
  • To better understand the rest of humankind
  • To help you understand how other people think
  • To express things that are difficult to express in your native language
  • It's fun
  • Understanding people
So kesimpulanya… Yuk kita belajar bahasa asing!! Winking smile
4759535950_7bca6684c8

1 komentar:

  1. wuiiih keren gan !! saya mau belajar bahasa jepang nih !! hehehe mudah mudahan aja bisa dan harus bisa !!

    BalasHapus

Comment? Sharing?