Strong Password

strong_passwordsSuatu ketika dosen gw pernah bertanya, kira-kira untuk membuat password yang bagus gmana sih caranya? Nah bagi yang rada parno dengan yang namanya security password mungkin akan membuat passwordnya itu panjang, ribet, dan akhirnya malah jadi lupa sendiri ama password yg dibuat. Hehehehe…


Secara teori sih untuk membuat password yang baik haruslah dikombinasikan antara angka, huruf kecil, huruf besar(kapital) dan symbol(special character). Tapi kenyataanya orang pada umumnya akan merasa ribet untuk mengkombinasikan hal itu semua. Makanya biasanya orang akan membuat password yang gampang mereka ingat dan secara default bisa gw tebak password yg dipake kalo ga qwerasdf, p4ssw0rd, 123456, dan sejenisnya.


Nah disini ternyata ada saran dari dosen gw ini cara gampang buat password namun sulit untuk dijebol oleh orang. Mau tau caranya?


Ternyata caranya sangatlah simple. Password itu ga perlu panjang kok. Lho? gmana bisa? Bisa aja ternyata. Ternyata trick nya itu adalah:

  1. pilih kata kesukaan. Misal “Kopi”
  2. pilih angka favorit. Misal “0”, maka jadinya “Kopi0”
  3. tambain karakter spesial yang disuka sebanyak yang diinginkan didepan dan dibelakang kata yang udah kebentuk tadi. Misal kita pilih tanda “!” sebanyak 5 kali. Jadinya passwordnya adalah “!!!!!Kopi0!!!!!”

Nah jadi deh password yang baik (strong). Kata dosen gw dijamin ini akan mempersulit orang untuk menjebol password kita.


Namun hal yang paling krusial dalam pengamanan data selain password ternyata terletak pada orangnya sendiri. Jika memang orangnya teledor ya tentunya password secanggih apapun tetap akan ketauan oleh orang lain.


Last but not least “Keep the awareness if you use public internet”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment? Sharing?