What??!! RFID lagi??!!

Hahaha… lagi lagi tentang RFID… Tiba-tiba karena sesuatu hal jadi mau nulis ini lagi. Hahaha… Melihat-lihat video tentang RFID di post gw sebelumnya, jadi kepikiran bagaimana jika seandainya semua barcode yang ada di supermarket kita ato setidaknya di minimarket kita itu berubah menggunakan sistem RFID.

Wah bisa-bisa langsung terjadi perubahan teknologi IT nih. Mereka yang produksi dan menjual sistem barcode yang konvensional seperti sekarang udh ga laku lagi. Lama-lama bisa gulung tikar dah tuh. Hehehehe…

Satu hal yang pasti jika hal itu terjadi, semuanya akan menjadi sangat ketergantungan dengan sistem IT yang ada. Karena jika tanpa adanya perangkat IT yang mampu mendeteksi tag RFID pasif yang di tempel di bungkus makanan, maka data dari tag/makanan yang di tuju ga akan pernah tampil.

Namun diluar hal tersebut, jika dipikirkan secara topitif (baca: positif) maka banyak juga lho ternyata bagusnya. Misal nih, dari sisi si yang punya toko. Dia jadi tau info barang yang ada di rak tokonya itu sekarang berapa. Jenisnya apa aja. Ada yang salah naro apa ga. Dan itu semua bisa diketahui secara real time. Wuih… mantap keliatannya ya.

Trus kalo dari sisi customer nya apa dong keuntungannya? Kek nya ga ada untung-untung nya ya? Hmm… kalo dari pendapat gw sendiri sih ada, customer yang belanja jadi ga usah lagi ngantre untuk bayar. Karena pas mau keluar nih udh disiapin jg untuk bisa langsung bayar sendiri via e-money sepert FLAZZ or BRIZZI, yang di pintu keluarnya ada portal, jika mau keluar harus tapping dulu sebesar jumlah yang di beli.

Lalu bagaimana jika duit e-money kita kurang? Nah itu biarlah pakar sistemnya yang nanti mikirin. Hehehehe…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment? Sharing?