#Traveling: Jakarta - Jogjakarta (part 2)

imagesSetelah menunggu dan berkemas-kemas sebisanya, akhirnya hari yang ditunggu pun tiba. Keberangkatan menuju Stasiun Senen dipenuhi rasa was-was karena takut telat, namun untungnya tiba di Stasiun Senen 30 menit lebih awal dari jadwal keberangkatan. Kami bertiga pun akhirnya telah berkumpul di kereta.

Di kereta ada satu kejadian konyol yang sampe sekarang kalo gw inget bikin gw ketawa. Berawal dari temen gw si Pane tiba-tiba pengen ke toilet, ya gw pun bilang silahkan aja. 5 menit berlalu kok ni anak belum balik. Udah ampe 10 menit kok belum balik juga, trus tiba-tiba bunyi penanda kereta mau berangkat pun didengungkan lalu ga berapa lama jalanlah si kereta. 

Nah gw dan teman gw satu lagi si nick pun kaget, ni anak kok belum balik, jangan-jangan pake toilet di stasiun lagi. Wah lumayan bikin panik jg tuh, ga lucu nih gw pikir kalo udh ampe dalam kereta naro barang, tapi ternyata ketinggalan kereta karena ke toilet. Buru-burulah di telp, dan ternyata untungnya dia pake toilet kereta, dan pas di telp pun lagi indehoy dia. Asem dah bikin was-was aja. Hahahaha…
Selanjutnya kampi pun menghabiskan waktu di kereta dengan mengobrol ngalur ngidul dan diselingi dengan tertidur.

IMG00348-20120615-0458Pukul 05.00 pagi hari, kereta pun sampai di Stasiun Tugu Jogjakarta dengan selamat. Perjalanan menghabiskan waktu sekitar 9,5 jam dari Jakarta ke Jogjakarta. Disini untungnya Pane punya kenalan yang baik hati, yang namanya Retno, yang mau menampung kami bertiga. So biaya penginapan pun dapat kami tekan menjadi Rp. 0,- (Baca: ga mampu nyewa penginapan)

Setibanya di tempat Retno kami pun langsung dipersilahkan masuk dan malah disuguhkan susu coklat. Srupp… enak Ret.. Makasi ya.. Hehehe… Dan setelah ngobrol-ngobrol serta ngilangin belekan mata, kami langsung menetapkan tujuan jalan-jalan kami di Jogja yaitu ke Brorobudur, Prambanan, dan terakhir Malioboro.

Untuk menuju Borobudur gw menggunakan kendaraan umum. Pertama kami berangkat menuju terminal transJogja terdekat yaitu di Kaliurang. Lagi-lagi gw ditolong oleh Retno dan adeknya menuju ke tu terminal dengan dibonceng motor. Sampe di transJogja kamipun naek menuju terminal Jombor. Selanjutnya di terminal Jombor kami naek bus yang langsung menuju Borobudur. Biaya transJogja sekali naik Rp. 3000,- dan bus menuju borobudur Rp. 12.000,-

Sesampainya di Borobudur, kami singgah dulu di salah satu warung untuk sarapan sekalian menunggu Bu Le nya Retno datang. Lumayan masuk jadi bisa gratis tis tis.. Hehehe…
IMG_6031IMG_6054
Wuih memang Borobudur cocok jadi salah satu warisan budaya dunia. Ga kebayang gmana orang jaman dulu ngebuat ni bangungan seluas dan seindah itu. Luar biasa memang.

Setelah akhirnya puas melihat-lihat Borobodur kami pun melanjutkan perjalanan ke tujuan selanjutnya yakni Prambanan. Kami pun berangkat kembali menggunakan bus menuju terminal Jombor, namun kali ini kami jadi tau ternyata biaya bus per orang nya itu tidaklah Rp.12.000,- namun katanya maksimal Rp. 8.000,-/orang. Pas bayar awalnya kami langsung memberi uang Rp. 20.000,- untuk 3 orang. Namun keneknya bilang kurang, temen gw pun yg ngasi duit bilang ah biasa jg segitu ya udah ditambah deh ini Rp. 5.000,- Dan alhasil si keneknya pun oke-oke aja. Jadi total biaya untuk bus balik yaitu Rp. 25.000,-/3 orang.

Sesampainya di terminal Jombor, ternyata perut kami meronta-ronta ingin diisi dulu. Kami pun makan di warung sekitar terminal Jombor. 

Perut udah terisi perjalananpun kami lanjutkan. Saat sore telah berkunjung sbenernya untuk ke Prambanan pun kami harap-harap cemas apakah masih bisa masuk atau tidak. Namun apapun yang terjadi tetap harus di coba terlebih dahulu.

Untuk menuju ke Prambanan dari Jombor kami menggunakan transJogja. Beberapa kali transit dan pindah bus memang tapi enaknya transJogja dibanding transJakarta disitu kendaraan masih tertib dan lancar. Makanya naik transJogja berasa lebih nyaman dan cepat plus murah.

Sesampai di Prambanan matahari pun telah condong ke arah Barat, kami pun bergegas untuk menuju pintu masuk Prambanan. Bedanya dengan Borobudur kali ini kami masuk harus membayar tiket terlebih dahulu ><  Untuk masuk bagi wisatawan lokal dikenai biaya Rp. 30.000/orang.
IMG_6086IMG_6097
Candi Prambanan merupakan salah satu candi yang ada pada masa Kerajaan Hindu di Indonesia.

Setelah berputar-putar mengelilingi candi serta diiringi dengan matahari yang semakin tenggelam, kami lalu memutuskan untuk melanjutkan perjalanan menuju salah satu jalan yang paling terkenal di Jogjakarta yaitu Malioboro.

Untuk menuju kesana lagi-lagi kami menggunakan transJogja. Keberadaan transportasi transJogja memang sangat terasa membantu bagi kami yang tidak begitu hapal dengan daerah Jogja. Selain itu transJogja juga bikin ngirit soal biaya transportasi keliling Jogja.

Tiba di Malioboro keadaan sudah berganti menjadi malam, namun keramaian khas Malioboro tetap terasa sampai larut malam. Banyak bang becak yang menawarkan jasanya untuk mengantar menuju tempat berbelanja. Namun bagi mereka yang ingin irit namun tetap ingin menggunakan becak, patut diingat untuk menawar. Karena harga disini masih bisa ditawar.

Disini akhirnya kami membeli kaos sekedar sebagai tanda mata. Berhubung malam semakin larut perut kami pun minta jatah kembali untuk diisi. Lalu kami pun mencoba untuk makan gudeg jogja pada salah satu warung dipinggir jalan Malioboro. Lumayan enak menurut gw namun agak mahal sih. Satu porsinya bisa mencapai Rp. 30.000,-/orang belum minum dan belum pajak. Mungkin bagi yang tau tempat bisa dapat makan gudeg yang enak dan lebih murah bisa komen-komen di blog ini biar pada tau jg.

Perut kenyang, malam telah larut, matapun ingin terpejam. Kami pun berjalan untuk mencari taksi untuk dapat kembali ke tempat Retno untuk beristirahat. Namun sebelum balik kami menyempatkan diri terlebih dahulu untuk mampir di warung kopi joss yang banyak ada di dekat stasiun tugu. Harga 1 kopi susu jos yang gw pilih Rp.5.000. yah lumayan lah buat ngangetin badan malam-malam.

Setelah habis menyeruput kopi akhirnya kami pun kembali ke tempat Retno.

3 komentar:

Comment? Sharing?