E-Business

Berhubung kuliah gw salah satu matakuliahnya adalah e-business, maka untuk saat ini gw akan sedikit share tentang hal tersebut. E-bussiness sendiri untuk saat ini telah banyak digunakan oleh masyarakat dunia maya secara luas. Bahkan penggunaannya tersebut bukanlah hanya di dominasi oleh perusahaan-perusahaan saja, namun juga termasuk ke setiap individu.
Tapi apa sih sebenarnya E-Bussiness itu?

E-bussiness itu adalah suatu bisnis namun berupa virtual, disini bisnis yang dimaksud tidak hanya menyangkut jual-beli. Tapi juga melibatkan prosess bisnis dari suatu bisnis tersebut, yang dapat melibatkan baik suplier, customer, employee, dan bisnis partner.
Berdasarkan klasifikasi antara pelaku bisnis dengan konsumen, maka e-bisnis sendiri dibagi lagi menjadi beberapa kelompok yaitu:

  • B2B (business to business)
  • B2C (business to consumer)
  • C2B (consumer to business)
  • C2C (consumer to consumer)
  • G2B or B2G (business to governed or governed to business)
Wuih keliatannya mungkin keren ya,dan juga kayanya malah keliatan rumit banget. Eits jangan salah ternyata pengaplikasian dari salah satu kelompok itu sudah sering kita jumpai. Contohnya adalah B2C (business to consumer) yaitu pemesanan tiket online, bhineka.com, roxyhp.com, dll
Nah mudah-mudahan dengan tulisan ini setidaknya pengetahuan umum tentang apa itu e-business menjadi bertambah ya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment? Sharing?