EDC

386510_vx610_wireless

Berhubung sekarang gw lagi kerja berhubungan dengan yang namanya EDC, jadi pengen sedikit share tentang apa sih sebenernya EDC itu. Padahal sebenarnya gw yakin kalian pasti udah sering melihat alatnya lho, cuma mungkin kalian belum pada tau aja itu alat namanya apa.

Itu lho kalo kita belanja pake kartu debit or credit kan biasanya kartunya akan digesek ke suatu alat yang ada angka-angkanya. Nah itulah yang disebtu EDC. Untuk gambarannya bisa dilihat disamping. Hehehe… Tapi penjelasan EDC itu sebenarnya apaan sih? So inilah sedikit penjelasan dari gw.

EDC(Electronic Data Capture) adalah sebuah sistem terkomputerisasi yang dibuat untuk mengumpulkan data dalam bentuk data elektronik.

Penggunaan EDC saat ini lebih sering digunakan dalam pembayaran menggunakan kartu baik kartu kredit maupun kartu debit. Jadi ketika kartu digesekkan atau dihubungkan dengan pembaca kartu elektronik atau terminal penerima data dari kartu yang ada dalam EDC maka informasi yang tersimpan dalam kartu dimasukkan/ditangkap oleh EDC.

Nah selanjutnya data yang ditangkap akan diproses sesuai dengan program atau sistem bisnis yang telah ditentukan. Simplenya sih data kita dikirim ke server, trus server akan memberikan response atas data yang dikirim ke EDC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment? Sharing?