Beli tiket online

Post ini merupakan lanjutan dari post sebelumnya yang membahas secara umum dan secara singkat apa itu e-busines. Nah kali ini yaitu tentang e-commerce dimana e-commerce merupakan salah satu bagian dari e-business. Seperti biasa supaya bisa lebih enak membacanya untuk awal kita setidaknya haruslah tahu apa sih itu e-commerce.

E-Commerce itu sendiri adalah transaksi/pertukaran nilai /value dari sesuatu yang dilakukan secara elektronik/virtual. Contohnya adalah transaksi jual beli tiket online.

Nah mungkin sudah banyak dari kalian yang mencoba bertransaksi secara online. Tapi bagi mereka yang belum pernah, dan masih belum begitu mengerti caranya, pasti akan bertanya-tanya bagaimana sih rasanya berbelanja online itu? Apakah benar-benar seperti belanja ke warung? Ataukah ternyata malah lebih ribet?
Berikut adalah salah satu pengalaman gw didalam melakukan belanja online, tepatnya pembelian tiket pesawat.
Sebelum melakukan pembelian tiket, tentunya saya akan membuka beberapa situs penerbangan untuk membanding-bandingkan harga. Namun untuk mempermudah maka anggap saja saya akan membeli tiket lion air karena saya sering menggunakan maskapai tersebut saat pulang kampung.
  1. Buka web lion air
  2. Cari bagian seperti gambar di bawah ini
  3. Nah di box tersebut kita dapat memilih/memesan tiket keberangkatan yang kita mau. Misalkan apakah mau membeli tiket untuk PP(pulang-pergi) ataukah hanya sekali jalan. Tanggal keberangkatan pun dapat kita pilih sesuai dengan jadwal kebarangkatan yang diinginkan. Terakhir jumlah orangnya pun dapat dipilih sesuai berapa banyak orang yang anda inginkan. 
  4. Setelah data awal diisi maka tinggal klik tombol "CARI" untuk memproses dan menampilkan data penerbangan yang tersedia sesuai dengan yang anda mau
  5. Misal untuk saat ini saya akan berangkat tanggal 4 agustus 2011 sekali jalan untuk 1 orang, maka tampilan setelahnya akan seperti berikut
  6. Nah itu merupakan daftar jadwal penerbangan yang tersedia, berikut data jam penerbangan dan harga perkelasnya. Jika sudah memilih salah satu nya lalu tinggal memilih pilihan dibawahnya yaitu apakah mau menggunakan asuransi perjalanan atau tidak. Jika ingin menggunakan tinggal pilih "Ya, silahkan" jika sebaliknya maka tinggal pilih "Tidak, terima kasih". Jika sudah maka klik tombol "Lanjutkan". Namun jika ingin mencari baru maka tinggal klik tombol "Pencarian Baru" dan kembali mengulang dari langkah no 2.
  7. Selanjutnya setelah menkan tombol lanjutkan maka anda akan diminta untuk mengisi data diri anda, serta cara pembayaran yang anda inginkan.
  8. Berikutnya anda akan diberikan rincian perjalanan, sebaiknya ini diprint agar tidak terlupakan, rincinan tersebut berupa jumlah yang harus dibayarkan, kode pesanan dan kode pembayaran anda yang nantinya harus anda segera bayar via jenis pembayaran yang telah anda pilih. Semisal via Atm bca (asumsi saya disini kalian sudah pada mengerti bagaimana melakukan pembayaran via atm), maka anda haruslah membayarnya via atm bca sesuai dengan kode booking yg telah anda dapatkan
  9. Setelah membayar tiket tersebut via atm, maka anda akan mendapatkan email konfirmasi dari pihal lion air-nya bahwa tiket tersebut sudah dibayar. Dan email tersebut juga dilampirkan kode tiket anda, yang nantinya anda harus print dan anda gunakan untuk check-in di bandara.
Begitulah kira-kira bagaimana cara menggunakan salah satu e-commerce yang telah ada di sekitar kita. Selain pembayaran tiket sebenarnya juga ada yang lain seperti misalnya didalam membeli cd/dvd film. Namun untuk contoh pemakaiannya saya rasa jika telah lancar didalam membeli tiket online ini anda mencoba sendiri juga pasti akan langsung bisa.

Mudah-mudah info ini bermanfaat untuk anda semua. Selamat bertransaksi online. Ingat rahasiakan segala pin yang anda punya agar transaksi menjadi lebih aman.

2 komentar:

  1. Bro gw udah bayar tiket via atm, setelah ditunggu2 email konfirmasi nya belum juga masuk.
    jadi gimana yah solusinya, saya coba telepon kantor lion air tapi sibuk mulu.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. coba pertama cek di spam..
      kalo emang blm ada juga mau ga mau mesti ke CS lion nya..
      inget bawa bukti transfer nya jg gan

      Hapus

Comment? Sharing?