Stand Up Comedy

Stand-Up-ComedianHalo..udah lama jg rasanya gw ga nulis-nulis blog lagi. Alasannya yah sedikit terlihat klasik belum nemu materi yg pas dan adanya niat untuk nulis. Hehehe…

Nah kali ini gw cm ingin sedikit berbagi hal-hal yang belakangan ini lagi demen gw lakuin yaitu nonton stand up comedy, baik dari youtube maupun di tv. Dan seperti biasa diawal gw akan sedikit jelaskan tentang apa itu stand up comedy.

Stand Up Comedy sendiri kalo secara harafiah kita artikan satu-satu maka menjadi “Stand Up” = berdiri, Comedy = komedi/lawakan. Jadi kalo begitu doang maka artinya akan menjadi lawakan berdiri. Tapi sebenarnya stand up commedy itu sendiri adalah salah satu bentuk dari seni komedi atau melawak yang disampaikan secara monolog kepada penonton. Nah biasanya ini dilakukan secara live dan komedian akan melakukan one man show. Durasinya pun biasanya ga lama-lama, palingan kira 10-30 menitan lah.

Dari yg gw baca di inet, Stand Up Comedy itu ternyata udah ada dari abad ke 18 di eropa dan amerika sono. Nah komediannya sendiri disana disebut dengan “stand up comic” dan lebih dikenal dengan sebutan “comic” (bukan yg cerita bergambar yg dibaca maupun obat batuk lho ya). Nah si comic ini akan ngoceh-ngoceh alias menceritakan lawakannya seputar apa yang dia perhatikan dikehidupannya. Bisa jadi itu malah merupakan sindiran kepada satu pihak, ataupun adanya fenomena-fenomena yang sedang trend saat itu.

Biasanya si comic itu saat melakukan stand up memiliki suatu tema atau topik yang ingin dia sampaikan. Namun ga jarang juga sih ditengah jalan jadi agak sedikit banyak ngalor ngidul diluar topik yang dia sampaikan. Yah yg penting semua pada senang dan tertawa lah.

Jadi inget ada salah satu joke yg pernah di sampaikan oleh salah satu comic yg gw lupa namanya, dia bilang di Indonesia ini, semua ingin naik menjadi no 1, ga ada yg mau lama-lama menjadi yg no 2. Contoh wakil bendahar, pasti ingin jadi bendahar, wakil gubernur pasti ingin jadi gubernur, wakil presiden pasti ingin jadi presiden. Tapi ada satu wakil yang ga mau naek jabatan. Pengennya jadi wakil aja terus. Ya itu wakil rakyat alias DPR. Mereka ga mau naek jadi jabatan jadi rakyat. Hahahaha…

Udah berasa lucunya? pasti belum lah ya.. Nah biar pada jadi tau jg konsep stand up comedy itu seperti apa dan kira-kira di Indonesia itu para comic nya lucu apa ga, mungkin salah satunya bisa di streaming di video di bawah ini. Dia ada salah satu comic yang gw anggap lucu. Yang penting nikmati aja coy..

 

1 komentar:

Comment? Sharing?