Melajah Basa Bali = Belajar Bahasa Bali

Sebelumnya disini saya Cuma ingin berbagi sedikit pengetahuan tentang bahasa bali. Di bali sendiri, bahasa bali tersebut memiliki tingkatan-tingkatan tersendiri tergantung dimana dan dengan siapa kita berbicara. Ada bahasa bali alus, menengah, dan bawah atau sehari-hari. Nah disini saya mungkin akan lebih banyak memberikan contoh basa bali yg sering digunakan sehari-hari saja, karena saya sendiri juga tidak terlalu bias untuk berbahasa bali alus karena termasuk sulit jika tidak sering digunakan. Untuk awal-awal mari kita belajar dengan memperkenalkan diri dulu.

Indonesia Bali
Saya --- Tiang
Kamu ---  Raga (baca : rage/rago)
Dia --- Yo
Nama --- Adan / pesengan
Nama saya belog --- Adan tiang belog
Nama kamu siapa? --- Sira adan raga?
Mungkin segini dulu saja. Belum kepikiran mau tulis apa lagi..hehehe…

46 komentar:

  1. bahasa bali banyak cara nya
    cara lain juga:

    kamu ..... ragane
    siapa nama kamu ...... sira wastan ragane
    nama saya belog....wastan tiang belog

    tambahin dikit,

    dimana bekerja..... dija ngeranjing
    sudah makan...... sampun ngajeng
    sudah selesai.... sampun suud
    mungkin benar.... minab beneh
    apa kabar.... punapi gatra
    apa kabar.... kenken kabare
    baik-baik saja.... becik kemanten

    itu dulu tambahannya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dibi = kemarin
      limat=pisau
      garam=tasik
      gula=gendis
      basa/bumbu=mosa
      sirih=seseban
      pamor=apuh
      lawar=ayang
      sate=jejatah
      jukut/sop=jangan
      semoga bermanfaat

      Hapus
    2. Suksma nggih..
      Masukkannya mantap ini

      Hapus
  2. sip2...
    mungkin yg laen kalau ada menambahkan silahkan saja langsung memberi komentar...
    hehehe....
    ya itung2 kalau anda sekalian pergi ke bali jadi bisa ngerti sdikit2 bahasa bali gt..
    trutama tar buat tawar menawar harga...
    hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo dija ngranjing berarti masuk
      jadi dimana kerja bahasa balinya dija makarya..

      Hapus
  3. Wajib dip[elajari nih. Buat kamusnya donkl. Hahahaha

    BalasHapus
  4. waakakaka... pasti kehabisan ide neh... sampe bahasa bali meposting....


    bahasa indonesianya "nenggel" apaan??

    hayo....

    BalasHapus
  5. sebenarnya sih posting ini bukan karena kehabisan ide..niat awalnya pengen ngebahas untuk pengenalan bahasa bali. Tapi setelah menulis jadi bingung, mesti mulai dari mana. Dan ampe sekarang masih mandeg nih. Need masukan.

    BalasHapus
  6. Wah.. Wah... Keren nehh. Ada bahasa Bali.. Mungkin, bisa dibikin buku tersendiri yang judulnya: "Mengenal Bahasa Bali", githu.. Khan jarang bgt ada buku yang seperti itu.. Ohoho..

    Mayan bermanfaat.. Kalo bisa bikin blog lagi yang isinya "Belajar bahasa Bali".. ^^

    BalasHapus
  7. boleh jg idenya..nanti di garap dulu deh materi nya. di coba cari2 dulu bahan referensinya. Dan mesti bongkar2 lagi buku2 SD tentang belajar bahasa bali nih. ehehehehe...

    BalasHapus
  8. sudah selesai.... sampun suud
    sudah selesai = sampun wusan

    apa ga salah??? bahasa bali aku campur2 GADO-GADO

    BalasHapus
  9. sudah selesai.... sampun suud
    sudah selesai = sampun wusan

    apa ga salah??? bahasa bali alus campur2 GADO-GADO

    BalasHapus
  10. @arya : thanks atas berbagi info nya..ini emang rada campur sih, berhubung aku sendiri jg ga gt bs untuk basa alus.
    tp terima kasih atas komennya.

    suksma nggih..

    BalasHapus
  11. wah..kacau nih bahasa bali jadinya, jgn pakai logat bali selatan dong, pakai yg universal..misalnya saya = raga (bukan rago),:)

    BalasHapus
  12. Wah terima kasih atas masukannya..
    tapi yang saya tau, ya saya itu = tiang, kamu itu = raga (terkadang penyebutannya rago or rage) mungkin ini karena saya belajarnya di tabanan kali ya..
    tp memang sih raga itu jg bs menjadi penyebutan untuk diri sendiri, tp saya sendiri jarang menggunakan kata itu untuk merujuk diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taban nya daerah mana nih....aku di kampung kodok

      Hapus
  13. Sok gent ech. . .sebeng bgus gent. .
    artinya apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm... mungkin maksudnya 'sok gen ci' itu boleh di bilang bahasa sehari-hari yg yah kurang sopan sih kalo berbicara dengan orang yg lebih tua. artinya setau ak ya yg selevel di bahasa indonesia mungkin 'sok banget lu'
      kalo 'sebeng bagus gen' di terjemahkan ke indonesia artinya mungkin yg pasnya 'tampang sok cakep aje'
      yah begitulah kira2

      Hapus
  14. Balasan
    1. Oh ikutan apa ne maksudnya? kalo ikut nanya or komentar yah silahkan saja kok.. :)

      Hapus
  15. follow blog saya yaw astikaratna.wordpress.com atau komentar di blog saya ini juga astikaratna.blogspot.com
    matur suksma :)

    BalasHapus
  16. suksme ! bisa lumayan ngerti bahasa bali :)
    follow blog saya dong :)

    BalasHapus
  17. becik bli,tyang demen wenten anak sane ngelestariang bahasa baline.dumogi blog niki liu sane ngedemenin.

    BalasHapus
  18. Inggih,meme setuju pesan ring masukan/ide generasi muda baline,becike sapuniki,medue pengetahuan bahasa bali sane becik kesumbangang ring semetone sane durung uning bahasa bali sane becik kenten,sukseme nggih?

    BalasHapus
  19. suksuma... rage dadi bise base bali... hehehe
    *salah gk ya :D

    BalasHapus
  20. Balasan
    1. Setau ak mewali biasa digunakan untuk membalas kata kata terima kasih (suksma). Balasnya jadi 'suksma mewali' . kalo di Indonesia kan jadi terima kasih kembali. Cuma untuk kata mewali nya sendiri ak sendiri kurang tahu juga tepat nya arti nya apa. Maaf ya. Mungkin ada yang komentator lain yang bisa kasi pencerahan.

      Hapus
    2. Mewali juga bisa di artikan "sama-sama" kalau suksme mewali itu lebih lengkap yg artinya "terima kasih kembali"

      Hapus
    3. Kruna bendu lianan raosne...

      Hapus
  21. salam kenal niki,

    rame sajan web niki. postingannya becik bli.
    suksma

    BalasHapus
  22. Swastiastu...

    Mau tanya, bahasa balinya "ga ada yang benar" apa ya?

    Mohon diartikan. Suksme nggih

    BalasHapus
  23. ga ada yang benar = nenten wenten sane patut (bahasa halus)
    nenten wenten ane beneh
    sing ade ne beneh

    BalasHapus
  24. Balasan
    1. bahasa balinya lagi ngapain : ngudiang to (kasar) ngaryaning napi nika (halus)

      Hapus
  25. Bahasa balinya Saya Mau mandi
    apa ya ???
    Tolong di jawab ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya mau mandi bahasa balinya tiang jagi masiram (halus) icang kal mandus (kasar)

      Hapus
  26. Cang gedeg cang ci artinya apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. cang gedeg artinya saya marah (kasar) menggah piduka (halus)

      Hapus
  27. ngeranjing itu sekolah bukan bekrja coba di koreksi lagi

    BalasHapus
  28. Coba bahasa bali alus napi nggih

    BalasHapus
  29. Kemrin ada temen yg bilang cang buang ajak belog, itu artinya ap?

    BalasHapus
  30. Ape basa alusne lawar, sate,manjus,kedek,tawah

    BalasHapus

Comment? Sharing?